Tuesday, September 23, 2008

DISTRO APA PILIHANMU ?


Pembaca, apakah anda pernah mengalami dilema dalam memilih Distro Linux yang akan anda pergunakan? atau apakah anda tipe Pencoba Distro?

Saya dulu pernah mengalami dilema seperti itu, Kira-kira Distro apa yang akan saya pergunakan yang sesuai dengan Kriteria serta Spesifikasi Komputer Saya. setelah banyak mencoba akhirnya pilihan saya jatuh pada SLACKWARE dan UBUNTU.

Pembaca, Menggunakan OS Linux tidaklah seperti menggunakan OS Propietary lain, dengan Linux kita memiliki kebebasan untuk menggunakan, menggandakan, menyebarkan dan memodifikasi secara bebas. sehingga bagi kita menggunakan Linux tidaklah terbatas pada satu jenis Distro. Kesenangan saya dalam mengunakan Linux adalah mencoba semua Distro yang saya dapati, sebuah kesenangan yang sukar dilukiskan yang bisa menghabiskan waktu berjam-jam.
Proses Installasi sebuah Distro baru, menyettingnya dan membandingkannya dengan Distro lainnya. kemudian menggantinya dengan menginstall Distro yang lain :) (Mudah-mudahan HDD milik saya tidak jebol karena dipakai install /uninstall OS berkali-kali)merupakan sebuah proses belajar dan memahami LINUX yang menyenangkan.

sudah banyak Distro Linux yang sudah saya coba, mulai dari KNOPPIX, LINUX MINT, ZENWALK, UBUNTU, KUBUNTU, IGOS, FEDORA, GENTOO, BLANKON, SLACKWARE.... diantara semua itu saya suka Ubuntu dan Slackware, sayang saya belum memiliki DVD Repository Ubuntu, sehingga belum bisa merasakan Kehebatan Ubuntu secara Maksimal.

saat ini Distro yang bisa memahami dan mengerti dengan benar kondisi dan spesifikasi Komputer saya adalah SLACKWARE 12.1, Sebuah Distro yang stabil dan bisa berjalan Gegas di mesin tua milik saya.

Pembaca, semuanya kembali kepada selera, LINUX memberikan begitu banyak pilihan. kita tinggal mencoba dan memilih Distro yang sesuai dengan selera dan Kondisi Komputer Kita atau kalau mau membuatnya Multi Boot (Memasang dua buah Distro atau lebih). itulah kelebihan dari LINUX, dengan Opensource kita bisa mendapatkan pengalaman yang berbeda dalam menggunakan Komputer kita.

LINUX itu Mudah, Indah dan HALAL

4 comments:

  1. mantap kang....saya setuju sekali tuh dengan kalimat terakhirnya...
    "LINUX itu Mudah, Indah dan HALAL"

    sekali mengenal linux, maka akan jatuh cinta selamanya, serta membuka cakrawala baru dalam kehidupan kita, setelah senantiasa "digelapkan" oleh MSW.

    mengenai repository ubuntu, saya sudah tangkap aspirasi kang tatang. Lagi saya siapin nih kang...

    ReplyDelete
  2. Betul kang, saya lagi pengen mempelajari Ubuntu, makanya perlu banget Repository-nya, biar bisa Berpresentasi sama orang lain yang tertarik sama linux

    ReplyDelete
  3. kl gegas di mesin lawas dg spek ngepas, sepertinya lbh gegas bsd (freebsd, netbsd, pcbsd, desktopbsd) ato gentoo, kang..cmiiw ya.. :) maaf lahir batin..selamat lebaran buat yg merayakan..

    ReplyDelete
  4. Wah kalo itu saya belom Coba tuch, mudah-mudahan nanti bisa menemukan Distronya, jadi bisa mencoba :)
    Selamat hari raya Iedul Fitri Juga :), mohon maaf lahir dan bathin.

    ReplyDelete

Breaking News

Powered By Blogger · Designed By Seo Blogger Templates